DISTRIBUTOR PT. NATURAL NUSANTARA

Jl. Manalagi No. 29, Gunungsari Kec / Kab. Madiun - Jawa Timur 63151

Hama dan Penyakit


TANYAJAWAB
Tanaman cabai yang terkena penyakit patek buah dan bercak daun minta rekomendasinya.
Patek dan daun bercak karena kondisi iklim yang mendukung perkembangan jamur. Untuk antisipasinya dengan Glio di tanah dan kocor bersama 1 sdm dolomit /pokok, kurangi bahan kimia.
Saya ada keluhan dari petani cabe yang menggunakan pupuk mikroba dan pestisida kimia. Tanaman cabenya sudah mulai berbuah tapi banyak sekali hama yang tidak bisa dikendalikan sehingga daunnya kuning dan kecil2. Apakah dengan pestisida dari NASA masih bisa mengatasinya, sedangkan produk kimia tidak mempan? Terus pupuk yang dipakai apa saja?
Produk kimia belum tentu tepat dan bisa mengatasi hama jika produk yang dipilih bukan spesifik untuk hama. Produk NASA yang bisa untuk mengatasi permasalahan cabe yang bapak utarakan adalah PENTANA dengan dosis 6-7 tutup per tangki dengan ulangan 3 hari sekali hingga kutu tersebut hilang. Sesekali bisa bapak semprot dengan PESTONA 7-8 tutup agar menghilangkan bekas dari kutu2 tersebut.
Cabe merah daunnya keriting cara mengatasinya bagaimana?
Kriting cabai merah bisa karena cuaca ekstrim dan juga karena kutu-kutuan yang menghisap cairan daun-daun pada pucuk (yang berpotensi membawa virus). Semprotkan PENTANA 4-5 tutup/tangki , 2x seminggu , + sepertiga tutup aero / tangki.
Untuk jamur upas pada karet yang sudah tanam ? 2 tahun sebaiknya menggunakan apa? Dan bagaimana aplikasinya, berapa hari sekali dan dosisnya? Dan Bagaimana dengan penggunaan Glio efektif atau tidak?
3 hr ? 1 minggu sekali, Jika melihat cara kerja dan hidupnya Glio hanya bisa di dalam tanah, dan akan mati jika terkena ultraviolet, sehingga tidak tepat jika disemprot ke daun karet bapak.
BVR dan Glio apa bisa dicampur untuk penyemprotan tanaman coklat dan apa bisa mengendalikan hama PBK?
BVR dan Glio bisa untuk mengendalikan PBK pada coklat, namun harus melakukan 4 langkah PsPSP (Panen sering, Pemangkasan, Sanitasi , Pemupukan dan pengendalian hama dengan BVR, untuk Glio bisa dikocorkan di piringan.
Untuk mencegah hama ulat pada albasia (sengon laut) pakai apa? Dosis dan cara aplikasinya?
Pencegahan bisa menggunakan BVR 1-2 sdm/tangki yang disemprotkan dibatang atau seluruh tanaman yang tumbuh di lahan sengon bapak, dan untuk tanaman yang telah kena bisa disemprot klangsung ke bagian lobang atau tempat ulat tersebut dengan PESTONA dengan takaran 7-8 tutup per tangki per minggu
Apa glio bisa untuk disemprotkan?
Bisa meskipun lebih efektif jika dicampur dg pukan, atau dikocorkan ke tanah.
Pisang disemprot dengan SUPERNASA kok mati?
Pisang tersebut bisa karena terkena serangan 1) Penyakit Darah pd Pisang, atau 2) Virus. Keduanya belum ada obatnya, dan tidak mendadak gejalanya, saat ini banyak daerah terkena penyakit ini. Kadang terbawa dari bibit atau air, bukan karena SUPERNASAnya. Antisipasidengan dolomit agar pH netral, dan Glio. Untuk pengobatan belum ada, sebaiknya dimusnahkan saja yang sdh kena.
Untuk penyakit layu PS dan Layu bakteri pada tomat penyemprotan Natural Glio berapa Gram/ ltr?
Kocorkan Glio dengan dosis lebih tinggi dengan ulangan lebih sering. 2 sdm per 10 liter, kocor 2 gelas melingkar di tanaman cabe/terong/tomat 1-2 minggu sekali.
Cara mengantisipasi padi yang kena hama merah, padinya kayak terbakar itu ?
Padi bpk kena jamur. Sebaiknya dengan mengatur jarak tanam lbh lebar, dan antisipasi dengan pengocoran glio. Jika sudah terjadi serangan berat silahkan pakai fungisida kimia.
Saya punya kebun pepaya batangnya busuk di tengah, sebabnya apa ? saya harus pake produk NASA apa ?
Batang pepaya busuk disebakan oleh jamur Fusarium. Dimana kalau sudah kena sulit dikendalikan. Potong dan musnahkan batang busuk, atur drainase, kelembababan kebun dijaga dan sebarkan Natural GLIO yang telah dicampur pukan matang atau kompos di sekitar pohon tiap 2-4 minggu sekali.
Untuk pengembangan GLIO, apa bisa menggunakan tanah halus, seandainya tidak ada PUKAN
Perbanyakan GLIO yang ideal adalah dengan pupuk kandang matang atau kompos atau serbuk gergaji serta jika disemprotkan bisa dicampur gula pasir sebagai media tumbuhnya.
Kalo hama untuk strowberi titing, berem apa obatnya pak ?
Berem termasuk jenis kutu-kutuan sehingga bisa dipakai PENTANA dan METILAT LEM.
Pentana boleh nggak dicampur dengan POC NASA
Boleh.
Untuk pengendalian ulat yang nyerang pisang pakai apa dan caranya gimana ?
Biasanya ulat yang menyerang daun pisang adalah penggulung daun pisang (Erionatrax sp.) dan ini sulit dikendalikan karena ulatnya di dalam daun, sehingga butuh pestisida yang sistemik. Produk NASA yang bisa dipakai PESTONA dan PENTANA, lebih bagus dicampur AERO 810.
Untuk penyakit pembibitan albasia putih2 di pucuk trus daun akhirnya pada rontok lalu mati pake apa cara penanggulangannya ?
Putih-putih di pucuk kemungkinan besar disebabkan hama kutu putih ( Aleurodestrus sp.) yang akan menghisap daun-daun muda pada pembibitan sehingga daun jadi rontok. Pakai PENTANA yang khusus untuk jenis kutu.
Mohon info untuk mencegah karat tumor pada bibit sengon. Sekarang mau semai bibit, Salam sukses.
Serangan karat puru pada sengon ditandai dengan terjadinya pembengkakan (galls) pada ranting/cabang, pucuk-pucuk ranting, tangkai daun dan helaian daun. Gall ini merupakan tubuh buah dari jamur.
Penyakit karat puru dapat menjadi persoalan yang serius dalam pengelolaan tanaman sengon. Penyebaran penyakit ini sangat cepat. Penyakit ini menyerang sengon mulai dari persemaian sampai lapangan dan pada semua tingkat umur. Kerusakan serius bila serangan terjadi pada tanaman muda (umur 1- 2 tahun), karena titik-titik serangan (gall) bisa terjadi di batang utama sehingga batang utama rusak/cacat, tidak dapat menghasilkan pohon berkualitas batang yang tinggi). Penyebab penyakit karat puru yang menyerang tegakan sengon adalah jamur Uromycladium tepperianum, menyebabkan pembengkakan (gall) yang menyolok pada dedaunan dan ranting pohon. Pencegahan dan Pengendalian :
  • persemaian, maka semai yang menunjukkan gejala serangan harus segera dicabut dan dimusnahkan (dibakar).
  • perlu pengawasan yang ketat tentang transportasi benih, bibit, dan kayu tebangan dari daerah yang diketahui telah terserang ke daerah yang belum terserang
  • Pemeliharaan tanaman yang sudah ada (pemupukan dan penjarangan).
  • Upayakan menghilangkan gall dan bagian tanaman yang terserang sedini mungkin, sebelumgall membesar dan berwarna coklat. Langkah selanjutnya adalah mematikan sel-sel penyakit karat puru di bagian yang terserang agar tidak tumbuh gall lagi, dengan spiritus, kapur, garam, dan belerang serta semprot Natural GLIO
  • Menghindari penanaman sengon untuk sementara, terutama di dataran tinggi yang berkabut
Lakukan rotasi tanaman dan pemuliaan tanaman sengon.
Semangat Pagi Pak, saya punya masalah pada tan kacang tanah pada umur 7 hr ada penyakit kutu di daun itu apa obatnya dan gimana caranya ?
Untuk kutu-kutuan produk NASA yang lebih khusus adalah PENTANA dan bisa dipasang perangkap Metilat LEM.
Saya punya jeruk umur 4 th, buah kurang, rontok, daun kaku ada bercak hitam, ada yang daunnya kena kupu kecil2 warnanya putih, sy baru gabung ke nasa, produk NASA apa yang perlu diberikan ke jeruk saya ?
Melihat gejalanya jeruk bapak kena serangan kutu putih yang menghisap cairan daun dan kotoran dari kutu yang menimbulkan bercak hitam yang disebut penyakit embun jelaga. Untuk mengatasinya bisa dilakukan pemangkasan daun-daun terserang, semprot PESTONA atau PENTANA atau BVR tiap minggu sekali. Lebih bagus PESTONA atau PENTANA ditambah dengan AERO 810, tetapi untuk BVR jangan dicampur AERO 810.
Untuk mengendalikan gayas pakai apa bos ?
Gayas itu sejenis uret to bos, siram aja pakai PESTONA + AERO, dosis lihat label produk.
Pak, semongko kena serangan jamur pake apa sing jos ?
Jamur yang paling banyak menyerang semangka adalah bercak atau karat daun. Lakukan penyemprotan rutin tiap minggu sekali dengan Natural GLIO sebagai tindakan pencegahan.
Untuk mengendalikan hama ulat yg nyerang Albasia, pakai apa pak Ulatnya kecil, sembunyi dlm kantong.
Ulat kantong sangat sulit dikendalikan karena hamanya bersembunyi di dalam kantong, pakai aja PESTONA dan PENTANA
Mau tanya obat semut ada gak ?
Semut sebenarnya bukan hama, biasanya semut bermutualisme dengan hama kutu-kutuan. Jadi pakai aja PENTANA atau PESTONA + AERO.
Menanggulangi tan cabe kecil yg daunnya tebal + belok ke atas (mlungker) tidak lurus melebar. Bagaimana menangulanginya?
Dilihat gejalanya disebabkan oleh hama jenis kutu thrips dan tungau karena menghisap cairan tunas muda, bisa pakai PENTANA dan Metilat LEM.
Begini pak di tempat tsb banyak tan padi terserang hama yang namanya hama merah mulai dr bawah padi itu lama lama merah dan dengan produk hama apa yg harus berikan agar cepat teratasi, makasih sebelumnya.
Kelihatanya terkena serangan penyakit busuk daun bakteri atau hawar daun bakteri atau kemungkinan kena penyakit tungro yang ditularkan lewat hama wereng hijau. Bisa digunakan GLIO atau PESTONA atau BVR secara selang-seling tiap minggu sekali. Untuk GLIO dan BVR bisa dicampur jadi satu tapi PESTONA jangan dicampur.
Saya menanam semangka insek & pest pake PST, NPA, hanya sekali dengan insek sintetis dosis rendah, klo sekarang pake GLIO disemprot (ada bercak daun) apa efektif ?
Tidak masalah, asal GLIo jangan dicampur dengan pestsida tersebut.
Dengan produk apa NASA memberi solusi pada tanaman padi yg terkena sundep dan daunnya menguning trus kering ?
Melihat gejalanya disebabkan oleh penggerek batang padi, jika masih fase vegetatif (pertumbuhan) gejalanya disebut sundep, batang padi dicabut mudah dan jika sudah terbentuk malai disebut beluk, malai hampa. Gunakan Natural BVR sejak di pembibitan, kemudian semprot tiap minggu sekali setelah tanam dengan PESTONA dan BVR secara selang-seling.
Saya ada masalah besar di awal aku merintis jaringan. Data teknis : Kebun Stroberri usia 9 bulan, sudah berbuah lokasi = Kledung, Wonosobo iklim ekstrim panas = siang, jam 4 sore kabut turun, malam = extra dingin. Pokok masalah embun UPAS di pagi hari. Tan yg kena buah rusak, mblonyoh, spt mau busuk dan berair. Apa dikarenakan virus, bakteri, jamur/kadar belerang yang dibawa embun upas itu? Apa yang harus saya lakukan, produk NASA apa yg dipakai ?
Melihat gejalanya disebabkan jamur, apalagi didukung cuaca yang mendukung apalagi berkabut sangat cocok sekali bagi perkembangan jamur upas atau Upasia salminicolor. Solusi : setelah hujan rintik-rintik atau ada kabut langsung semprot aja dengan air biasa dan jangan lupa penyemprotan GLIO tiap minggu sekali rutin.
Bolehkah GLIO sy campur dengan NPK? suwun.
Boleh aja, karena NPK adalah pupuk.
GLIO semprot atau kocor, dosis gimana, atau ada referensi lain ?
Glio bisa disemprotkan dengan dosis 1 sendok makan GLIO dicampur 1 sendok gula pasir per tangki, semprot merata tiap minggu sekali.
Gimana cara mengatasi hama bentuknya sperti kupu tp kecil2, istilah orang jawa namanya tritip/keper, dia nyerang tan kobis ?
Pasang Perangkap keper atau tritip dengan Metilat Lem dan semprot PENTANA tiap minggu sekali.
Bagaimana untuk mengendalikan patek pada cabe ?
Patek atau busuk buah yang disebabkan jamur Antraknose kalau dah kena sulit diatasi karena penyebaran jamur cepat sekali apalagi didukung curah hujanm drainase jelek. Ambil buah terserang dibuang dan musnahkan, kemudian semprot 1 sendok GLIO dan 1 sendok gula pasir tiap 5 hari sekali.
Mohon info, apakah produk NASA, GLIO,PESTONA,PENTANA,AERO,BVR, dll sudah terdaftar di DEPTAN dan apa sudah masuk buku pestisida pertanian dan kehutanan tahun 2008 ?
Belum, tapi untuk ijin yang BVR dan GLIO sudah keluar dari DEPTAN, sedang produk yang lain masih dalam proses perijinan.
Selamat pagi, kalau padi umur 70 hari, dan dari awal belum pakai produk NASA, tetapi umur 70 hari petani ingin pakai anti hama nasa untuk pencegahan seperti kresek, ulat, dll pakai apa yak pak Agus?
Pakai PESTONA + AERO atau BVR untuk pencegahan walang sangit, kepik, dll.
Pada cabe yg 5 hr sebelumnya baru disemprot BASMA + DAFAT ulat grayak belum bersih, apakah boleh diaplikasi VITURA ?
Boleh aja, yang penting VITURA jangan dicampur dengan insektisida kimia dan aplikasinya sore hari.
Apakah GLIO mampu mengendalikan Antraknose sedangkan antraknose menyerang diatas ?
Pangkal mula serangan penyakit awalnya dari tanah karena patogen atau penyebab penyakit hidupnya di tanah. Karena percikan air hujan, angin, alat pertanian yang tidak steril dan terbawa manusia dia bisa ke batang, daun bahkan sampai buah. Tetapi jika sejak awal sebelum tanam, tanah kita kelola dengan Natural GLIO dan penyemprotan rutin tiap minggu sekali kemunginan besar serangan jamur 50% bisa dikurangi.
Cabe saya ada masalah batang layu di potong dalamnya bolong ada warna hitam apa penyakitnya dan solusinya ?
Serangan jamurdan bakteri mempunyai tanda yang sangat mirip. Ada yang busuk kering dan busuk basah, sukar dibedakan dengan mata telanjang. Potong aja sebagaian batang terserang dan masukkan ke dalam gelas berisi air bening. Amati gelas bila potongan tersebut kerluar cairan keruh seperti awan berarti bakteri, apabila tetap jernih berarti jamur. Solusinya pakai Natural GLIO sejak awal tanam dan ulangi tiap minggu sekali.
Virexi dicampur PST apa bisa tidak, apa virexinya ga mati ?
PST jangan dicampur dengan VIREXI karena PST ada bahan racun dari berbagai ekstrak tumbuhan, yang memang sedikit banyak akan berpengaruh terhadap pertumbuhan VIREXI, meskipun pengaruhnya tidak sehebat pestisida kimia.
Penyakit bule/daun putih pada cabe apa obatnya ?
Penyakit bule disebabkan oleh virus yang namanya gemini. Virus gemini ini perkembangan sangat cepat karena ditularkan oleh vektor atau perantara yaitu kutu kebul (Bemisia tabaci). Kita kendalikan vektornya dengan Metilat LEM dan PENTANA.
Bagaimana untuk mengatasi busuk buah dan phytium pada mentimun Jepang ?
Busuk buah dan phytium disebabkan oleh jamur, sehingga pencegahan dilakukan sejak dini sebelum tanam dengan Natural GLIO + pupuk kandang matang dan penyemprotan tiap minggu sekali dengan 1 sendok GLIO + 1 sendok gula pasir per tangki.
Kenapa ulat grayak yang disemprot denganVITURA atau VIREXI tidak langsung mati ?
Keefektifan VITURA atau VIREXI tidak tampak seketika. Hal ini karena  di dalam tubuh ulat grayak berlangsung proses biologis yang membutuhkan waktu beberapa hari, mulai ulat terinfeksi VITURA atau VIREXI hingga mati. Selama selang waktu tersebut, kegiatan ulat memakan daun tetap berlangsung tetapi kemampuan makan ulat sudah turun.
Berapa lama VITURA atau VIREXI mampu menetap di lapangan (persist) ?
Di bawah kondisi lingkungan yang menguntungkan Vitura atau Virexi mampu menetap (persit) di lapangan sampai berumur 4 minggu setelah aplikasi dan masih mampu mengendalikan ulat grayak instar III dengan tingkat kematian + 80 %.
Apabila VITURA atau VIREXI kurang mampu menetap/bertahan , salah satu penyebabnya adalah sifatnya yang rentan terhadap penyinaran sinar matahari atau ultra violet.
Selain itu, perlu ditentukan saat aplikasi yang cocok.
Kapan aplikasi VITURA atau VIREXI supaya dicapai hasil yang optimal ?
Aplikasi atau penggunaan Vitura atau Virexi dengan cara disemprotkan pada sore hari agar terlindung dari sinar ultra violet atau sinar matahari, pada waktu serangan ulat masih di bawah ambang ekonomi dengan dosis 30 gram/tangki dan ulat belum mencapai dewasa (fase atau instar IV).
Pak pisang/jeruk isinya keras, apa penyebabnya dan apa obatnya ?
Gejala tersebut disebabkan oleh bakteri dan untuk pencegahan pakai GLIO
Semangat pagi Pak, kemarin saya nyemprot walang sangit pakai BVR, tapi udah 3 hari kok belum ada reaksi, Cuma daun padi yang kuning jadi hijau. Berapa lama biasa BVR nampak reaksi, 1 kotak saya gunakan 4 tangki .
BVR adalah mahkluk hidup dari jamur yang butuh proses dalam menyerang hama sasaran. Hal ini sangat dipengaruhi oleh radiasi sinar matahari, tingkat kekebalan hama, kelembaban dan cara aplikasi serta tangki yang digunakan. Secara normal BVR bisa berkecambah 2 jam setelah aplikasi dan mulai bereaksi 2-3 hari sudah mulai terlihat gejala serangan dan 7-10 hari hama sasaran udah mati karena ditumbuhi spora jamur BVR warna putih.
Bagaimana aplikasi GLIO pada tanaman cabe, sedang pupuk kandang sudah ditebarkan dan intervalnya berapa, terima kasih.
Pemakaian GLIO yang paling ideal memang dicampur dengan pupuk Kandang matang atau kompos, 1 pak GLIO 100 gr + 25-30 kg PuKan tebarkan sebelum tanam atau masukkan ke lubang tanam 1 genggam (200 gr) tetapi GLIO bias juga dikocorkan bersamaan SUPERNASA atau disemprotkan 1 sendok makan GLIO ditambag 1 sendok gula pasir tiap 1-2 minggu sekali.
Ma?af sekali satu lagi buah padi putih kapas tidak berisi tapi daun dan batang hijau apa penyebabnya, solusinya bagaimana, sebelum dan sesudahnya trim?s
Bisa terlalu banyak N, kurang unsur K atau kena penggerek batang. Kalau baru terbentuk malai bisa dipupuk KCl + POWER, tapai kalau malai dah penuh ya dibiarkan saja sampai panen.
Ma?af Pak, mau tanya kalau sudah berbuah padi/apa saja, apa boleh disemprot PST, agen hayati/pestisida
Boleh, untuk pencegahan walang sangit, pakai aja PST atau BVR.
Kalau untuk menghilangkan jamur pada tanaman salak, pakai apa, karena buahnya sering busuk ?
Busuk bisa disebakan kurang unsur K, terlalu banyak unsur N, tanah masam dan kena jamur. Coba terapi tanah dengan Dolomit dan dikocor dengan KCl + Power Nutrition bisa ditambahkan Natural GLIO. Selain itu juga kebersihan dan kelembaban kebun dijaga.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India